Interview Kstar10 Dengan 2NE1 – New Evolution, Fashion, Musik dan Inspirasi

2NE1: “‘I AM THE BEST’ ON STAGE” (PT. 1)

Dulu ada waktu dalam sejarah Korea ketika memiliki pekerjaan dalam menyanyi dan menari dianggap sebagai hal yang memalukan. Tapi sekarang adalah sesuatu yang sangat sulit dipercaya bagi generasi muda di sini. Penyanyi sedang dipuja dan mendapatkan pujian untuk bakat yang diberikan Tuhan pada mereka, dan tanpa diragukan lagi, mereka sekarang menjadi para pemimpin budaya Korea dan fashion, dan di sanalah 2NE1 berdiri.

2NE1, debut di tahun 2009, merupakan grup empat artis transgresif perempuan muda pelopor gaya musik dan fashion yang baru. Melampaui rutinitas tarian dan paduan suara disinkronisasi berulang-ulang, mereka adalah grup K-pop pertama yang menguasai chart musik lokal online dengan lima single berturut-turut: “Don’t Cry,” “Lonely,” “I Am The Best,” “Hate You” dan “Ugly.”

Jika kalian berpikir pengakuan internasional grup ini kurang dari tiga tahun karir menyanyi mereka sulit untuk percaya, tunggu sampai kau mendengar apa yang berikutnya: “NEW EVOLUTION.” (Note: The original article wrote “REVOLUTION”.)

Di antara perilisan single terbaru mereka dan persiapan tour, 2NE1 berkata pada majalah tentang tur dunia mereka, “NEW EVOLUTION,” dan lagu new tune– a cross-genre mereka dari musik electronic dan trot – di gedung kantor YG Entertainment di Seoul pada tanggal 6 Juli.

Orang-orang dari generasimu tidak tumbuh dengan mendengarkan musik trot [sebuah genre musik tradisional Korea didasarkan pada empat ketukan dan melodi dari lagu balada Jepang “enka”]. Apakah tidak sulit untuk memahami dan mencerna genre itu?

Minzy: Orangtuaku suka musik trot jadi bukanlah yang baru bagiku sama sekali.

CL: Bahkan jika Anda tidak tumbuh dengan musik trot, kamu tahu perasaan itu. Tidak begitu sulit membayangkan bagaimana jenis musik ini memiliki pesan trot di dalamnya (lirik dan melodi).

Sandara: Ibuku suka trot jadi aku dulu sering menyanyikan “The man in Shinsadong” (terjemahan judul).

CL: Minzy pandai menyanyikan part trot di lagu baru kami.

Apa yang menarik dari musik trot?

CL: Aku menyadari bahwa ini adalah genre yang sangat sulit untuk dipelajari. Kalian tidak hanya perlu untuk mendapatkan nuansa dari itu tetapi masuk mendalam ke lagu itu dan merasakannya. Hal ini membutuhkan gaya bernyanyi yang berbeda juga. Aku mencoba bagian intro dari lagu tersebut tapi tidak bisa menariknya keluar juga.

Disamping dari keunikan karakteristik genre, apa kalian mampu mencerna lirik?

CL: Sejak debut di tahun 2009, kami sudah bernyanyi tentang cinta dari perspektif yang unik. Kali ini, itu hanya sebuah kisah cinta khas. Tapi ketika kamu masuk jauh ke dalam rincian dalam lirik, itu seorang penguntit pada dasarnya, sebuah nyanyian dari wanita menakutkan tentang cinta (tertawa).

Bagaimana ‘I LOVE YOU’ dibuat ?

CL: Sejauh yang kutahu, produser kami, Teddy, yang membuatnya untuk bersenang-senang musim dingin lalu. Kurasa ia sedang mencari sesuatu yang sangat berbeda dari lagu-lagu masa lalu kami, karena kami selalu mencari sesuatu yang baru, dan lebih sensasional. (Ketika lagu itu keluar) Kami para anggota pikir itu segar dan menganggap “I LOVE YOU” akan menghubungkan generasi yang berbeda dan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Tahun lalu, kalian bernyanyi tentang bagaimana cool-nya kalian di “I AM THE BEST”, yang benar-benar kebalikan dari apa yang kalian nyanyikan dalam  “I LOVE YOU.” Apakah itu tidak sulit mendapatkan ke dalam lirik?

CL: Jika kamu seorang wanita, kamu selalu memiliki dua sikap yang berbeda pada saat yang sama. “I AM THE BEST” menunjukkan puncak kepercayaan diri seseorang, sedangkan sedangkan “I LOVE YOU” menggambarkan seorang wanita yang merindukan cinta. Aku rasa semua orang memegang kedua emosi secara bersamaan.

Manakah lagu yang akan kamu katakan untuk menggambarkan 2NE1 secara lebih baik?

CL: “I AM THE BEST” hanya di atas panggung (tertawa).

Bagaimana dengan single berikutnya setelah ‘I Love You’?

CL: Kami awalnya berencana merilis ‘I LOVE YOU’ bersama-sama dengan lagu-lagu lainnya. Tapi karena kami menempatkan banyak pekerjaan ke dalam setiap lagu, itu akan membawa kami terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan semua untuk merilisnya (musim panas ini). Kami saat ini bekerja pada single berikutnya dan tidak yakin saat kami akan mengeluarkannya. Ini akan jauh lebih dekat dengan gaya 2NE1 dan lebih bebas daripada ‘I LOVE YOU’. Aku mengharapkan untuk melakukan beberapa hal aneh di yang berikutnya (tertawa).

Akan seperti apa gaya fashion terbarumu? Apa saja perlengkapan panggung khusus kali ini?

CL: Kami sudah mencoba untuk tampil feminin dan klasik. Ketika kalian menonton video musik kami, kalian akan merasa bahwa itu memiliki banyak perasaan klasik dan antik. Mungkin terlalu banyak, tapi kami ingin pergi ke klasik dengan menggunakan banyak bergaya vintage aksesoris dan pakaian. Pada saat yang sama, kami juga menggabungkan beberapa tampilan Korea untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang Korea. Ini detail-detail kecil yang membuat konsep baru kami spesial.

Sandara memiliki perubahan dramatis dengan apa yag dia lakukan.  Tidakkah kamu cemas tentang perubahan untuk memotong rambut?

Sandara: aku sedikit khawatir pada awalnya tapi kupikir aku melakukannya tanpa berpikir (sekali saya mengambil keputusan ku).

Apakah itu untuk konsep baru album ? Ide siapa itu untuk memotong rambut seperti itu?

CL: Tidak bukan karena album sebenarnya. Pada awalnya, aku berpikir tentang mengubah gaya rambut ku seperti itu dan menganggap hal itu akan membuat kesan yang tajam mencolok bahkan lebih. Kupikir seseorang dengan wajah cantik harus melakukannya sehingga aku mengusulkan undercut hairstyle pada Sandara

Sandara: Aku melakukan itu … tapi …

CL: Aku di sampingnya ketika dia sedang bersiap memotong rambutnya dan penata rambut memberitahuku untuk memotong rambutnya sebelum mencukur itu. Sandara kemudian dicukur sambil menangis.

Sandara: Aku tidak secara harfiah menangis dengan air mata mengalir di wajahku. Ini sedikit seperti perasaan sedih sebelum pergi ke militer, kau tahu (tertawa). Aku sudah mencukurnya dua atau tiga kali dan sekarang rasanya seperti tidak ada apa-apa.

 

 

2NE1: “MEANINGLESS TO DO MUSIC WHEN WE CAN’T BE INSPIRATIONAL TO PEOPLE” (PT. 2)

 

World tour pertama kalian, “NEW EVOLUTION,” adalah seperti melempar topi di atas ring untuk go global. Apakah kalian memiliki rencana spesifik tentang bagaimana dan apa yang ingin kalian lakukan di “NEW EVOLUTION”?

CL : Kami pikir world tour kami selanjutnya setelah tahun ini adalah sebuah permulaan. Kali ini, itu lebih seperti berkunjung dan berkomunikasi dengan fans kami di luar negeri. Kami telah bekerja dengan musisi asing dan para profesional untuk bertemu penggemar global.

Jika kamu memilih hanya satu negara di mana kamu berharap untuk perform lagi, negara mana itu ?

CL: Aku pernah mendengar bahwa kami memiliki sejumlah besar penggemar di Amerika Latin. Mungkin perasaan bersemangat dan kuat yang dikenal di Amerika Latin (2NE1 sangat populer di sana). Aku benar-benar ingin tampil di sana.

Bom: Aku mendengar dari will.i.am bahwa 2NE1 memiliki banyak penggemar di Brasil. Aku akan senang untuk pergi ke sana segera.

Bagaimana persiapan untuk tur dunia ?

CL: Kami sudah mulai berlatih untuk tur dua bulan lalu dan kami akan benar-benar bekerja keras untuk mendorong hal ke depan (sebelum dimulai di Seoul bulan ini). Dari minggu depan, kami mulai melakukan latihan band dan semua staf kami dari luar negeri akan terbang ke Korea. Oh, dan kami akan memainkan versi yang sama untuk semua kota yang kami kunjungi. Kami mengadakan konser kami tahun lalu dan sejak itu kami hanya merilis satu lagu baru,  ‘I LOVE YOU.’ Karena setlist itu akan jadi hampir sama seperti tahun lalu, kami melakukan beberapa remix untuk semua lagu kecuali lagu cinta terbaru kami. Direktur Performa kami sedang mempersiapkan panggung flamboyan dan menambahkan itu, kami mengenakan kostum panggung Jeremy Scott. Semuanya akan mewah dan mencolok.

Apakah kalian memiliki banyak beban di pundak kalian untuk world tour ini?

CL: Kami benar-benar gembira dengan hal itu dan tidak sabar menunggu untuk memulai tur. Mungkin menjawab pertanyaan dalam wawancara bisa menjadi lebih stres daripada tampil di panggung. Di mana saja di dunia, kami akan dapat benar-benar menikmati pementasan acara kami.

Sandara dan Park Bom mulai menginjak 30 tahun depan. Apa yang akan kalian ingin lakukan selama lima bulan terakhir tahun 20-an kalian?

Sandara: Aku memiliki sejumlah hal yang aku ingin lakukan. Aku sudah terlalu sibuk dengan pekerjaanku beberapa tahun terakhir. (Jika aku harus memilih satu) Aku ingin jatuh cinta setengah mati tapi seperti yang bisa dilihat, aku hanya punya enam bulan tersisa jadi aku sangat meragukan bahwa akan terjadi (tertawa).

Bom: Sesungguhnya aku tidak berpikir aku memiliki sesuatu yang khusus. Menjadi di atas 30 akan menarik seiring berjalannya waktu.

Apa yang paling kau inginkan untuk lakukan hari ini, Minzy dan CL?

Minzy: Aku memiliki beberapa hal yang ingin kupelajari. Apakah itu belajar bahasa, menari atau apa pun, aku ingin menetapkan satu tahun rencana untuk belajar sesuatu yang baru. Akhir-akhir ini Aku sedang banyak membaca. Judulnya  ‘You’ve Been Hurt Because You Are in Your Youth’ (terjemahan judul)

CL: Aku memiliki begitu banyak yang aku ingin kulakukan. Aku tidak mengetahui mana yang harus dimulai dulu. Ini sebenarnya apa yang G-Dragon dan aku telah bicarakan bersama-sama. Ini terkait dengan budaya dan fashion. Tapi karena kami sudah sangat sibuk dengan pekerjaan kami tidak pernah sempat melakukan dalam tindakan. Anyways, itu mimpi Ku menciptakan ruang untuk memungkinkan orang di zaman kami dan generasi berikutnya untuk terus mengembangkan budaya Korea. Aku tidak yakin bagaimana tepatnya itu akan berubah tapi jelas itu akan terkait dengan musik dan fashion.

Sudah tiga tahun sejak debut 2NE1. Apa ambisimu sebagai anggota 2NE1?

CL: Kami selalu berkeinginan untuk menunjukkan sesuatu yang baru. Ketika orang merasa bahwa musik 2NE1 atau gaya kami adalah sensasional dan membosankan, aku akan lebih kecewa daripada mereka. Ini akan menjadi tidak berarti untuk melakukan musik saat kami tidak bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

 

 

 

 

Source: Kstar10

Terjemahan : ARBA

 

Leave a Reply

